Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Kumbang Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe Tahun 2022

Authors

  • Siska Desta Roza Universitas Bumi Persada

Keywords:

Pengetahuan, Perkembangan Motorik Kasar, Anak Usia 3-4 tahun

Abstract

Latar Belakang Penelitian: Perkembangan motorik kasar merupakan keterampilan menggerakkan bagian tubuh secara harmonis dan sangat berperan untuk mencapai keseimbangan yang menunjang motorik halus. Kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan di dunia, pada anak usia 0-5 tahun mencapai 3 juta anak. Prevalensi diperkirakan setiap tahun sekitar 5-10% anak yang lahir mengalami keterlambatan perkembangan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun di Kumbang Kecamatan blang mangat Kota Lhokseumawe Tahun 2022. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 sampel dari 121 populasi, pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Hasil Penelitian : Ibu yang mempunyai pengetahuan baik 94,2 % perkembangan motorik kasar anak sesuai, ibu yang mempunyai pengetahuan cukup+kurang 66,7 % perkembangan motorik kasar anak tidak sesuai. Analisis dengan uji chi square nilai P value 0,000 (P<0,05), artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun, dengan nilai OR 32,667 maka ibu dengan pengetahuan baik 32, 667 kali perkembangan motorik anaknya sesuai dengan umur dibandingkan dengan ibu dengan pengetahuan cukup dan kurang. Ibu yang memiliki pengetahuan tentang perkembangan anak cenderung akan menciptakan lingkungan yang sesuai untuk munculnya kemampuan anak.

Downloads

Published

2023-10-03

How to Cite

Siska Desta Roza. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Kumbang Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe Tahun 2022. Darussalam Indonesian Journal Fo Nursing and Midwifery, 5(1), 119 -128. Retrieved from http://jurnal.sdl.ac.id/index.php/dij/article/view/134

Issue

Section

Artikel