Hubungan Pengetahuan Dengan Personal Hygiene Pada Anak
Keywords:
Pengetahuan, Personal HygieneAbstract
Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu sedangkan personal Hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i di SD Negeri 3 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen berjumlah 115 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 111 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Berdasarkan hasil uji instrument di SD Negeri 6 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen pada tanggal 13 Juli 2021 hasil validitas didapatkan variabel pengetahuan 5 pertanyaan tidak valid dan variabel personal hygiene didapatkan 2 pertanyaan tidak valid atau rhitung<0,632. Sedangkan uji reliabilitas didapatkan variabel pengetahuan sangat reliabel atau 0,823 dan variabel personal hygiene sangat reliabel atau 816 berada pada koefisiensi korelasi (0,800-1,000). Berdasarkan hasil analisis univariat pengetahuan anak berada pada kategori baik (42.3%) dan personal hygiene pada anak berada pada kategori baik (57.7%). Hasil analisis bivariat didapatkan nilai p value= 0.000 < α= 0.05, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan personal hygiene pada anak di SD Negeri 3 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen. Diharapkan kepada siswa agar menerapkan personal hygiene sehingga akan mengurangi resiko terjadinya masalah kesehatan yang disebabkan oleh personal hygiene yang buruk, diharapkan bagi tempat penelitian terutama guru Penjaskes dan guru Bimpel untuk memberikan edukasi kepada siswa.